CARA MENGGANTI BACKGROUND FOTO SECARA SIMPLE DENGAN PHOTOSHOP CS

CARA MENGGANTI BACKGROUND FOTO SECARA SIMPLE DENGAN PHOTOSHOP CS

CARA MENGGANTI BACKGROUND FOTO SECARA SIMPLE DENGAN PHOTOSHOP BEFORE AFTER 1.       MASUK KE PHOTOSHOP. 2.       LALU...

Wednesday, March 16, 2016

BEBERAPA MANFAAT BESAR DARI LABU SIAM



 Hari ini saya ingin berbagi postingan tentang manfaat buah labu siam. Semoga postingan kali ini bisa membawa manfaat bagi kita semua.



Labu siam atau jipang (Sechium edule, bahasa Inggris: chayote) adalah tumbuhan suku labu-labuan (Cucurbitaceae) yang dapat dimakan buah dan pucuk mudanya. Tumbuhan ini merambat di tanah atau agak memanjat dan biasa dibudidayakan di pekarangan, biasanya di dekat kolam atau dipematang sawah dan ladang ladang penduduk. Buahnya menggantung diantara daun daunan tanaman rambat ini yang ada di tangkainya. Daunnya berbentuk mirip segitiga dan permukaannya berbulu.
Di Indonesia, labu siam merupakan sayuran sekunder namun hampir selalu dapat dijumpai di pasar. Buahnya biasa direbus sebentar untuk menghilangkan getahnya lalu dimakan bersama sambal terasi sebagai lalap umumnya banyak dijumpai di wilayah  Jawa Barat atau daerah Pasundan yang suka dengan lalapan atau menjadi campuran sayur bening dan sayur bobor atau sayur lodeh dan sayur asam bagi masyarakat Jawa khususnya. Pucuk yang masih muda dapat direbus dan dibuat cah.
Orang Indonesia mengenalnya sebagai labu siam karena tumbuhan ini awalnya didatangkan dari Thailand (Siam waktu dulu) oleh orang Belanda. Orang Sunda menamakannya lèjèt dan orang Jawa mengenalnya sebagai jipang atau juga manisa orang Cirebon menyebutnya walu siem.
Dan Yang Pasti kalau buat lalapan pilih labu siam yang masih kecil kecil  karena rasanya enak setelah direbus buat lalapan rasanya agak manis dan terasa adem diperut walau pake sambel terasi ulek pedas dan untuk sekarang harga per kilo nya Rp.14.000,pada bulan Maret 2016 sekarang.update harga dari Pasar Minggu – Palimanan- Cirebon.

 Ada Beberapa Manfaat Labu Siam Bagi Kesehatan 

Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Labu siam seperti labu – labu lainnya, merupakan sayurang yang mengandung kalori yang sangat rendah. Labu siam hanya mengandung 16 kalori saja di dalam setiap 100 gramnya. Selain itu, seperti dapat dilihat dalam table kandungan nutrisi di atas, labu siam tidak mengandung lemak jenuh dan kolesterol sama sekali. Labu siam juga mengandung serat yang cukup tinggi. Sehingga, dari faktor – faktor inilah yang membuat labu siam menjadi bahan makanan yang recommended bagi mereka yang sedang ingin menurunkan berat badan.
2.      Menjaga Stamina
Labu siam juga dikenal mengandung potassium yang merupakan salah satu jenis elektrolit yang beguna sebagai sumber stamina tubuh kita. Kandungan potassium di dalam labu siam ini sebanyak 125 mg per 100 gram.
3.      Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dan Menurunkan Kolesterol dalam Tubuh
Mengkonsumsi labu siam dipercaya bisa untuk menurunkan tekanan darah yang tinggi. Hal ini sudah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Purdue. Dalam penelitian tersebut, labu siam digunakan sebagai teh atau dikonsumsi dalam bentuk minuman, dan hasilnya ternyata terbukti menurunkan tekanan darah. Juga labu siam tidak memiliki kandungan lemak jenuh, bahkan untuk kandungan kalorinya saja hanya dalam jumlah sedikit. Berdasarkan faktor tersebut, labu siam dapat digunakan untuk mengendalikan tingkat kolesterol yang tinggi. Dan sangat baik untuk dikonsumsi bagi penderita kolesterol tinggi.
4.      Mengobati Kembung
Labu siam juga bermanfaat untuk mengobati gangguan pada perut. Jika anda mengalami kembung misalnya, minumlah teh yang dicampur dengan irisan daging labu siam. Ini karena labu siam ternyata mengandung unsur – unsur yang termasuk dalam zat diuretik yang salah satu kegunaannya yaitu untuk mengobati perut kembung.Atau Minum air Rebusan Labu siam.
5.      Mengurangi Resiko Penyakit Stroke dan Jantung
Menurut penelitian, jumlah homocysteine yang berlebihan di dalam darah akan meningkatkan resiko terkena penyakit stroke hingga penyakit jantung. Labu siam dapat menjadi sumber folat yang baik bagi tubuh dan membantu menstabilkan homocysteine di dalam darah. Serta Labu siam mengandung banyak vitamin esensial yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah vitamin C yang cukup banyak di dalam labu siam. Sebagai anti oksidan, vitamin C dapat mencegah terjadinya penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas seperti salah satunya adalah penyakit jantung.
6.      Mencegah Penuaan Dini
Labu siam merupakan sayuran dengan kandungan flavonoid yang cukup baik. Flavonoid di dalam labu siam dapat membantu tubuh untuk melawan zat – zat berbahaya seperti Reactive Oxygen Species (ROS) yakni zat yang merupakan turunan dari oksigen namun bersifat reaktif sehingga bisa membahayakan bagi tubuh, dan radikal – radikal bebas penyebab penuaan dini dan penyakit berbahaya lainnya.
7.      Sebagai Sumber Antioksidan
Labu siam mengandung sekitar 7,7 mg vitamin C. Vitamin C sendiri merupakan salah satu anti oksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan sel maupun untuk mencegah masuknya radikal bebas ke dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi 100 gram labu siam, anda akan memenuhi sekitar 13 persen dari total kebutuhan vitamin C tubuh yang dianjurkan setiap harinya.
8.      Mengobati Batu Ginjal
Labu siam, khususnya daunnya dapat digunakan dalam pengobatan batu ginjal. Hal ini seperti diungkap dalam hasil sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas North Florida. Selain itu, daun labu siam juga berguna untuk menurunkan darah tinggi.
9.      Mencegah Sembelit
Dengan menambahkan labu siam ke dalam menu makanan, ini berarti kita juga menambahkan asupan serat yang diperlukan tubuh kita. Serat tersebut akan memebantu melancarkan proses pencernaan di dalam tubuh, sehingga bisa mencegah terjadinya sembelit.
10.  Mencegah Anemia
Kekurangan vitamin B2 dan zat besi bisa menyebabkan seseorang mengalami kekurangan darah merah atau anemia. Labu siam mengandung dua unsur tersebut yang mampu merangsang produksi sel darah merah dan hemoglobin di dalam tubuh, sehingga dapat mencegah terjadinya anemia. Dari pengalaman setelah mengkonsumsi lalapan Labu siam muda badan terasa tidak kaku dan tidur lebih nyenyak.

Cara mengkonsumsi Labu Siam.
-          UNTUK LALAPAN
-          Untuk Lalapan sebaiknya pilih yang masih muda atau kecil. Selain rasanya lebih manis juga lebih enak untuk dikonsumsi buat lalapan.
-          Cuci labu siam smpai bersih. Tidak perlu dikupas lagi kulitnya.
-          Rebus sebentar sekitar 15 menitan atau tusuk pake garpu apakah labu siam sudah lunak. Angkat kalau sudah Lunak.
-          Biarkan dingin,setelahnya baru konsumsi buat lalapan.
-          Lebih nikmat makan dengan nasi panas dan samble trasi...

-          Untuk sakit kembung:

-          Rebus Labu siam yang sudah dicuci bersih biarkan sampai mendidih.
-          Setelah mendidih ambil airnya dan saring.
-          Tambahkan sedikit madu.
-          Minum selagi hangat.

-          Untuk Sayur Asem atau Lodeh.

-          Pilih Labu siam yang sudah besar. Karena Harganya juga lebih murah dari yang masih muda atau kecil.
-          Potong jadi dua.
-          Hilangkan getah dengan cara gosokkan kedua sisi labu sampai getah hilang.
-          Hindari tangan dari getah. Karena akan sedikit gatal.
-          Lalu cuci bersih.
-          Masukkan dalam campuran Sayur asem atau sayur Lodeh.


Demikian Beberapa Manfaat Labu Siam.
Semoga Bermanfaat bagi Semua. Amin.

JANGAN LUPA SHARE KE TEMAN / LIKE
THANK YOU SO MUCH
FOR WASTING YOUR TIME IN READING MY POSTING.

No comments:

Post a Comment